12 Destinasi Terbaik Di Indonesia

0 459

1. Destinasi Kepulauan Seribu

 

Terletak di Utara Jakarta, ada Kepulauan Seribu yang tentunya sudah tidak asing di telinga traveler ibukota. Karena jaraknya yang dekat dari pusat Jakarta, menjadikan Kepulauan Seribu sebagai destinasi favorit traveler pecinta pantai.

Traver pun bisa mampir ke Pulau Kelor atau Onrust untuk wisata sejarah. Jika ingin seru-seruan, ada Pulau Tidung hingga Pari dan lainnya yang bisa dikunjungi. Apabila ingin bulan madu atau berduaan dengan pasangan, ada Pulau Macan dan Pulau Pantara.

Pemerintah sendiri telah menetapkan Kepulauan Seribu sebagai satu dari 10 destinasi prioritas yang akan dikembangkan. Untuk mencapai Kepulauan Seribu, traveler cukup naik perahu motor dari Pelabuhan Kali Adem di Muara Karang sekitar dua jam.

2. Destinasi Pahawang

 

Mulai beberapa tahun yang lalu, Pahawang mulai populer menjadi destinasi wisata di Selatan Sumatera. Letaknya berada di Provinsi Lampung dengan luas 1.804 hektar.

Pulau Pahawang terbagi dua, yaitu Pulau Pahawang besar dan Pahawang Kecil. Air yang jernih dan pasir putih bersih bisa ditemukan disini. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan seperti diving, snorkeling, watersport hingga berkunjung di pulau-pulau sekitarnya.

Ke Pulau Pahawang, jangan lupa untuk berkunjung ke Pasir Timbul. Yaitu hamparan pasir putih yang menghubungkan antara Pulau Pahawang Kecil dan Pahawang Besar. Cantik!

3.Destinasi Danau Toba

 

Pesona Toba telah mendunia. Inilah danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, yang terletak di Sumatera Utara. Luasnya mencapai 100 kilometer dan lebarnya 30 kilometer Wah!

Sejarah menuliskan,.danau toba terlahir dari kedahsyatan letusan Gunung Toba yang telah meluluhlantakkan dunia puluhan ribu tahun silam. Danau ini masih eksis hingga sekarang, dengan Pulau Samosir di tengahnya.

Saat berkunjung ke sana, traveler bisa bersantai sambil menikmati keindahannya dari berbagai sisi. Kalau mau berlayar di danau sekaligus mampir ke Pulau Samosir pun bisa, tersedia perahu yang akan mengantar wisatawan.

Toba jadi prioritas pembangunan pariwisata oleh pemerintah. Jadi traveler makin dimudahkan seperti adanya Bandara Silangit yang sangat memangkas waktu perjalanan.

4. Destinasi Painan

 

Ingin liburan yang damai dengan pemandangan alam indah yang tersaji, asyiknya pergi ke Painan. Kota ini berada di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Di Painan dan sekitarnya, beragam objek wisata menarik telah menanti.

Bukit Langkisau misalnya, dari puncaknya terlihat pemandangan pesisir Painan yang memesona. Kemudian ada jembatan akar yang umurnya mencapai 100 tahun. Jembatan unik tersebut terbuat dari akar dua pohon beringin yang saling berhadapan dan terpisah oleh Sungai Bayang.

Satu lagi yang tak kalah keren, ada Mandeh yang dijuluki Raja Ampat dari Sumatera Barat. Mandeh merupakan teluk yang dikelilingi oleh pulau karang yang hijau serta pantai seperti di Raja Ampat. Lautnya pun memiliki visibilitas yang cukup baik bagi traveler yang mau snorkeling maupun diving.

 

5. Destinasi Sabang

 

Bicara tentang keindahan Indonesia, asyiknya dimulai dari Sabang. Lokasinya di Pulau Weh, Provinsi Aceh, di ujung utara Sumatera. Berbagai destinasi menarik, terutama wisata bahari bisa ditemukan sekitar sini.

Mulai dari Pantai Iboih yang populer di kalangan turis lokal hingga mancanegara, Pulau Rubiah, Pantai Sumur Tiga, dan lain sebagainya. Selain pantai ada pula Air Terjun Pria Laot, pemandian air panas, serta Danau Aneuk Laot. Komplit!

Sebelum pulang, jangan lupa mampir dulu ke Tugu 0 Km yang menjadi titik paling barat di Indonesia. Selain bisa berfoto, traveler dapat membawa pulang Sertifikat 0 Km Indonesia, yang menjadi bukti bahwa pernah berkunjung ke sisi paling barat Indonesia.

6. Destinasi Banda Aceh

 

Banda Aceh yang merupakan ibu kota Provinsi Aceh ini menyimpan potensi pariwisata yang besar. Dimulai dari wisata religi, ada Masjid Baiturrahman yang tak hanya megah tapi juga menyimpan sebuah kisah ajaib. Kala tsunami menerjang Aceh 2004 silam, masjid ini masih berdiri tegak dan menjadi tempat berlindung warga.

Selain masjid, ada lagi objek wisata untuk mengenang tragedi tsunami di Banda Aceh yaitu Museum Tsunami. Museum dirancang oleh Ridwan Kamil, sebagai monumen simbolis untuk bencana gempa bumi dan tsunami, sekaligus sebagai pusat pendidikan.

Kemudian masih banyak lagi objek wisata menarik yang sayang dilewatkan. Misalnya PLTD Apung yang merupakan kapal generator listrik milik PLN di Banda Aceh, makam Sultan Iskandar Muda, serta aneka pantai cantik seperti Ulee Lheue.

7. Destinasi Nias

 

Nias bagaikan sekeping surga di Indonesia. Pulau yang masuk di wilayah Sumatera Utara ini menyimpan potensi pariwisata alam menakjubkan. Mulai dari wisata alam, sejarah hingga budaya.

Untuk wisata alam, banyak pantai keren seperti Pantai Sorake, Pantai Lagundri, Pantai Pasir Berbisik, Pantai Toyolawa dan masih banyak lagi. Tak hanya pemandangannya indah, ombaknya pun menantang buat surfing.

Untuk budaya, ada tradisi lompat batu di Desa Bawomataluo, Nias Selatan. Museum Pusaka Nias juga bakalan menarik perhatian traveler dengan kurang lebih enam ribu koleksi benda bersejarah. Di sana turis bisa mengenal sejarah kehidupan Nias dari waktu ke waktu.

8. Destinasi Belitung

 

Belitung banyak memiliki keindahan alam yang sudah bukan menjadi rahasia lagi. Salah satu faktornya adalah film Laskar Pelangi yang populer dan banyak menampilkan latar spot-spot wisata Belitung.

Banyaknya pulau di sekitar Belitung membuatnya menjadi pilihan tujuan wisata air. Banyak pantai-pantai indah dimana traveler bisa island hoppig atau melakukan kegiatan olahraga air seperti snorkeling, memancing hingga berlayar.

Yang paling asyik dilakukan saat ke Belitung adalah berwisata ala film Laskar Pelangi. Traveler bisa mengunjungi beberapa tempat seperti ke Kota Tanjung Pandan, Pantai Tanjung Tinggi hingga Replika SD Gantong. Seru!

9. Destinasi Mentawai

 

Terletak di bagian barat Indonesia, Kepulauan Mentawai menjadi salah satu destinasi utama bagi para turis di seluruh dunia yang berkunjung ke Sumatera Barat. Ini karena Mentawai memiliki keindahan alam laut yang mempesona.

Kebanyakan dari wisatawan yang berkunjung adalah untuk berselancar. Para peselancar dunia menganggap ombak di Mentawai sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

Kepulauan Mentawai memiliki empat pulau besar, yakni Pulau Siberut (terbesar), Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara dan Pulau Pagai Selatan serta beberapa pulau-pulau kecil di sekitarnya.

10. Destinasi Anambas

 

Apabila Indonesia Timur memiliki Raja Ampat, di bagian barat Indonesia juga terdapat Kepualuan Anambas yang tidak kalah cantik. Bahkan, CNN Travel pun menobatkan Anambas sebagai kepulauan tropis terindah di Asia mengalahkan beberapa negara tetangga seperti Thailand dan Malaysia.

Terletak di Laut China Selatan, antara Kalimantan, Malaysia Timur dan Barat, Kepulauan Anambas termasuk ke dalam Provinsi Kepulauan Riau. Tidak heran jika Anambas menjadi destinasi favorit pecinta aktivitas bawah laut seperti snorkeling, diving dan scuba diving.

Kepulauan Anambas hanya mempunyai bandara kecil dan dapat ditempuh oleh pesawat-pesawat kecil dari Bandara Halim Perdana Kusuma (Jakarta), Bandara Raja Haji Fisabilillah (Tanjungpinang), Bandara Hang Nadim (Batam), dan Bandara Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru). Sarana transportasi di sekitar Kepulauan Anambas dapat menggunakan speed boat.

11. Destinasi Bengkulu

Provinsi yang terkenal dengan Bunga Raflesia ini juga memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Tidak hanya pantai, di Bengkulu traveler juga bisa berwisata sejarah.

Jika ingin pergi mengunjungi pantai, kunjungilah Pantai Panjang yang mirip dengan Gold Coast di Australia. Jika ingin wisata sejarah, bisa berkunjung ke Benteng Marlborough atau Rumah Pengasingan Bung Karno.

Traveler juga dapat menikmati berbagai kuliner seafood seperti Ikan Bakar dengan bumbu yang khas. Ada juga Lontong Tunjang yang tidak kalah nikmat.

12. Destinasi Tanjung Lesung

 

Tidak jauh berbeda dengan Kepulauan Seribu, kawasan Tanjung Lesung di Banteng juga dijadikan oleh pemerintah sebagai satu dari 10 destinasi prioritas dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Traveler bisa mampir ke Tanjung Lesung Beach Resort. Siapa pun boleh berkunjung dan menikmati keindahan pantai di dalamnya. Namun, sebelumnya perlu membayar tiket masuk terlebih dahulu sebesar Rp 25 ribu untuk weekdays, dan Rp 40 ribu untuk weekend atau hari libur, dan gratis bagi pengunjung resort dan balita.

Untuk mencapainya, Anda perlu terlebih dulu sampai di Serang. Dari Serang Anda bisa memilih mau lewat Anyer atau Pandeglang, sebelum akhirnya tiba di Labuan. Dari Labuan masih melewati Pasar Panimbang, dan tiba lah Anda di Tanjung Lesung. Butuh waktu sekitar sekitar 4-5 jam perjalanan darat dari Jakarta.

Leave A Reply

Your email address will not be published.