10 Makanan khas Kota Madiun Yang Enak Dan Lezat

1 485

Gambarwisata – Makanan Khas Madiun punya citarasa yang enak. Selain itu sajian kulinernya pun menarik. Banyak para wisatawan yang belum mengenal berbagai kuliner di kota Madiun ini. Namun banyak sekali makanan di sini yang layak dicoba.

Ada sajian kuliner-kuliner tempo dulu hingga yang terbaru. Oleh karena itu jangan sampai ketinggalan bukan icip makanan tersebut. Nah, pada tulisan ini akan dibahas tentang citarasa dan sedikit sejarah tentang kuliner Madiun.

Tentunya untuk memberi ide makanan-makanan enak layak coba di Madiun. Dapat mengkompilasi sanak saudara bisa mampir ke beberapa depot kuliner. Tentu membuat hari-hari Anda di sana semakin menyenangkan

Berikut daftar kuliner Madiun, mari disimak:

 

1. Brem Mirasa

 

Makanan Khas Madiun yang enak

Meski sekarang Brem Mirasa bisa dibeli secara online, tak ada salahnya kompilasi berkunjung ke Madiun bisa langsung beli. Brem ini merupakan brem pertama di Madiun. Brem Mirasa sudah berdiri sejak 1950, hingga sekarang masih ada.

Oleh-Oleh Khas ini sendiri dibuat dari fermentasi sari ketan. Bentuk dari makanan ini persegi dan sedikit pipih. Selain itu, ini padat nan empuk, kompilasi langsung hancur. Warnanya kuning, kompilasi dimakan pun adem dimulut. Oleh karena itu, banyak anak-anak yang menyukai makanan ini.

Harga Brem Mirasa jika beli di Madiun pun cukup murah. Yakni 5 – 15 ribu rupiah saja. Varian rasa pun lebih beragam. Ada yang asli, stroberi, coklat, keju dan lainnya. Anda pun dapat memilih pulang sebagai buah tangan karena brem ini awet hingga 2 minggu.

2. Pentol Corah

 

Makanan Khas Madiun yang murah

Makanan khas Madiun Jawa Timur lainnya adalah pentol corah. Pentol merupakan makanan yang terbuat dari tepung kanji dan diisi dengan potongan daging. Makan ini diminati oleh berbagai kalangan, karena enak. Tapi hanya penikmat pedas saja, karena rumornya sambal pentol ini pedasnya sungguh dahsyat.

Jika Anda ingin menemukan kuliner ini tidak perlu sulit mencarinya sebab di pinggir jalan Anda akan menemukan makanan ini. Hampir tak segan mereka berjualan di depan Rumah.

Pentol uniknya ini punya makanan pendamping. Seperti ceker, dan berbagai jenis kerupuk. Tapi tetap saja, sambal pentol ini yang selalu ditunggu para penikmat kuliner pedas. Harganya pun sangat terjangkau. Hanya 3 ribu rupiah saja, Anda bisa menikmati seporsi pentol.

3. Kue Manco

 

Makanan ringan Khas Madiun

 

Masih dengan kudapan yang bisa dibeli di Madiun. Diterbitkan ada kue manco. Kue yang banyak dibeli di Desa Tambakmas, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun ini punya cita rasa yang manis.

Kue ini bahkan merupakan makanan jajanan keluarga Kerajaan Gelang-gelang di Dopolo Madiun. Kudapan yang sering disuguhkan abdi dalem KE Keluarga Kerajaan. Nah, dari situlah produksi Kue Manco kian banyak.

Kue Manco ini pun hanya bisa dibeli di Madiun, sering kali beredar rumor bahwa kue manco tidak bisa dibuat di kota lain. Nah, untuk membeli makanan ini tentu saja Anda harus ke Madiun.

Makanan ini dibuat dari tepung kentang yang dibuat dari donat rebus dan dikeringkan. Lalu dipotong segitiga kecil-kecil kemudian digoreng hingga menggembung. Lalu kue ini ditambahkan dengan cairan gula jawa, terakhir diaduk dan ditambah rasa. Seperti rasa ketan, kacang, dan beras.

Harga perbungkusnya pun murah, hanya 5 – 10 ribu rupiah saja. Kue manco bisa dinikmati kapan saja dan di mana saja sebagai camilan.

4. Rujak Petis

 

rujak khas madiun

Makanan khas Madiun Jawa Timur selanjutnya adalah rujak petis. Petis memang bumbu khas Jawa Timur, termasuk Madiun. Memang rujak memang berbumbu kacang dan gula jawa, namun di Madiun bumbu rujak dibuat dari petis.

Bumbu petis ini antara lain menggunakan bahan petis udang, cabai, gula, kacang tanah goreng, dan pisang muda. Bahan ini hingga lembut. Kemudian buah-buahan seperti nanas, bengkuang, mangga muda, kedondong, tahu, dan tauge dimasukan. Lalu beragam. Rujak petis pu siap dinikmati.

5. Lontong Tahu Telor

 

makanan khas madiun yang murah

Jika di atas sudah membahas banyak camilan yang ada di Madiun. Kini akan mengulik makanan yang bikin kenyang. Yakni Lontong Tahu Telor asli Madiun. Tidak hanya bikin kenyang, kuliner ini sangat lezat. Bumbu kacang dari lontong tahu telur ini yang bikin tidak bisa bergerak.

Makanan Khas Madiun paling enak ini tidak pernah sepi pengunjung. Apalagi saat siang hari, kedai yang menjual lontong tahu telor ramai antrian. Makanan ini bisa ditemukan di mana saja, namun yang paling lezat ada di sepanjang jalan Merbabu, Madiun.

Lontong Tahu Telor ini berisi potongan lontong, kadang kupat. Lalu potongan tahu goreng dan telur dadar. Bisa juga meminta telur mata sapi. Bumbunya kuah kecap ditambah dengan ulegan kacang tanah. Rasanya asin dan sedikit manis dari kuah kecapnya. Tunggu apa lagi, jika mau jangan lupa pilih makanan ini.

6. Madumongso

 

camilan khas madiun

Nah, kembali lagi ke makanan ringan. Di Madiun Anda juga bisa menemukan kudapan manis lain. Ialah Madumongso. Makanan ini dibuat dari ketan hitam. Rasanya pun manis. Uniknya, sebelum dibuat makanan, ketan difermentasi dulu. Hingga menjadi tape ketan.

Kemudian setelah menjadi tape ketan, diolah dengan menambahkan gula, santan, dan nanas. Sebelum akhirnya dimasak seperti dodol. Terakhir, madumongso dibungkus dengan kertas minyak berwarna-warni.

Madumongso sendiri memiliki filosofi. Madu merupakan cairan manis alami dari lebah, kemudian mongso artinya dimakan. Jika digabung, madumongso merupakan makanan yang terasa manis.

7. Dawet Suronatan

 

Minuman Khas Madiun

Masih dengan makanan yang manis-manis. Yang ini bisa diminum. Dia adalah Dawet Suronatan. Minuman manis ini cocok diminum kompilasi hari terik, tersedia menikmatinya dengan es dan minum di bawah pohon. Sangat menanti.

Dawet Suronatan adalah minuman tradisional yang dibuka di Suronatan, Madiun tahun 1962. Minuman ini cukup tua namun kesegarannya selalu jadi nomor satu. Kini dawet ini sudah dijual oleh generasi 4.

Minuman ini pun khas dengan cara penyajiannya. Biasanya es dawet menggunakan gelas, dawet Suronatan menggunakan mangkuk kecil. Isiannya terdiri dari cendol, bubur sum-sum, ketan hitam, dan tape singkong.

Harganya cukup murah, 8 ribu rupiah saja. Makanan Khas Madiun yang murah ini bisa didapat di Jalan Merbabu. Tak perlu lama mengantri, karena depotnya lumayan besar.

8. Soto Madiun

 

soto khas madiun

Ingin yang segar namun mengenyangkan. Bisa pilih soto Madiun bisa menjadi alternatif pilihan. Hampir sepanjang jalan Madiun banyak penjual menjajakan makanan ini. Anda bisa mampir makan soto sebelum melakukan aktivitas lainnya.

Isian soto Madiun terdiri dari suwir ayam dan potongan telur rebus kemudian disiram kuah kaldu bening. Di sini pun Anda juga bisa memesan tambahan lauk seperti jeroan, perkedel, tahu, tempe, dan lainnya. Semua terpisah.

Harga satu porsi soto Madiun ini sekitar 15 ribu rupiah. Jika ditambahkan ekstra lauk, tentu saja Anda harus membayar sendiri.

9. Sate Ayam Ngepos

 

sate ayam khas madiun

Siapa yang tidak kenal sate? Makanan yang menjadi idola semua orang ini selalu menjadi incaran setiap orang. Nah, jangan khawatir kompilasi Anda ke Madiun, Anda masih bisa menemukan sate di sini. Sate asli Madiun adalah Sate Ayam Ngepos.

Sate ini agak sulit dicari hanya ada di satu tempat. Yakni antara Pasar Milir Madiun dan Perempatan Ngepos Ponorogo. Makanan ini terbilang unik karena daging satenya adalah ayam kampung. Sedang sebelum dibakar, memasak dulu dengan bumbu. Seperti bawang putih, bawang merah, laos, kemiri, jinten, dan daun salam.

Selain itu, bumbunya juga unik yaitu bumbu kacang pedas yang diuleg kasar. Nah, biasanya satu porsi ditempatkan 25 ribu. Agak mahal, tapi sebanding dengan rasa rempahnya bukan? Padahal Pak Susilo Bambang Yudhoyono sering loh beli sate ini.

10. Bluder Cokro

 

oleh oleh khas madiun

Dibutuhkan makanan ringan yang bisa dibawa pulang dari Madiun. Ialah Bluder Cokro. Makanan ini sangat ikonik di kota Madiun karena selalu laris diserbu pembeli. Untuk dapat dibeli di daerah Jalan Cokroaminato Madiun.

Bluder Cokro merupakan kue yang memiliki cita rasa kolonial Belanda. Rasanya sah dan gurih, dan tahan lama serta praktis dibawa kemana saja. Digunakan kudapan ini bisa dibuat oleh-oleh untuk sanak keluarga.

Roti Bluder Cokro ini dibuat dari perpaduan adonan roti dan kue jadi teksturnya lembut kompilasi dimakan. Empuk dan daging rotinya halus, dan warnanya kekuningan hasil dari kuning telur yang lebih banyak menggunakan roti lain.

Roti ini pun terlihat lebih kering karena penggunaan metega yang juga lebih banyak. Bahan yang digunakan pun sederhana, hanya tepung terigu, telur, ragi, metega dan gula. Meski sederhana, banyak pelacong yang ingin dibeli lagi.

Harga satu buah Bluder Cokro yaitu 8-10 ribu rupiah saja. Varian isian rasa pun beragam seperti blueberry, nutela, nanas, stroberi bahkan ada daging sapi isian, dan potongan daging, keju.

Makanan Khas Madiun mana yang tidak menggiurkan? Semua terdengar lezat. Jadi setelah menyimak tulisan di atas, jangan ragu untuk mencoba salah satu yang membantah. Atau bahkan seluruh makanan Anda Coba. Jangan sampai menyesal karena tidak mencoba.

 

1 Comment
  1. ปั้มไลค์ says

    Like!! Thank you for publishing this awesome article.

Leave A Reply

Your email address will not be published.